Struktur, Sistem dan Fungsi Akar

Akar merupakan bagian penting pada tumbuhan, karena menjadi bagian pertama proses penyerapan air pada tumbuhan serta menjadi penyanggah dari tumbuhan itu sendiri.


A. Struktur akar
Struktur akar dari luar kedalam adalah sebagai berikut:
  1. Epidermis, terdiri atas selapis sel dan tersusun rapat tanpa rongga antar sel. Sel epidermis berdinding tipis. Sel-sel epidermis yang dekat dengan ujung akar mempunyai beberapa bulu akar untuk memperluas bidang penyerapan Epidermis berfungsi sebagai pelindung dan penerus air kebagian dalam akar.
  2. Korteks, terdiri atas beberapa sel berdinding dan tidak banyak ruang antar sel yang berguna untuk pertukaran zat, Juga sebagai tempat cadangan makanan.
  3. Endodermis, terdiri atas selapis sel, kebanyakan sel-selnya berdinding tebal dengan berlapiskan zat gabus. Endodermis mengatur masuk keluarnya bahan ke dan dari akar.
  4. Stele (silinder pusat), terdiri dari perisikel, xilem, dan floem. stele terletak di sebelah dalam endodermis, Pada akar monokotil antara xilem dan floem terdapat kambium, letak xilem dan floem berselang seling menurut arah jari-jari lapisan paling tepi dari silinder pusat disebut perisikel atau perikambium.
B. Sistem perakaran
Sistem perakaran pada tanaman ada 3, yaitu:
  1. Sistem perakaran tunggang, terdiri atas sebuah akar besar dengan beberapa cabang dan ranting akar. Akar berasal dari perkembangan akar primer biji yang berkecambah. Perakaran tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil.
  2. Sistem perakaran serabut, terdiri atas sejumlah akar kecil, ramping yang kesemuanya memiliki ukuran sama. Sistem perakaran serabut terbentuk pada waktu akar primer membentuk cabang sebanyak-banyaknya, cabang tifak menjadi besar, dan akar primer selanjutnya mengecil, tipe perakaran serabut terdapat pada akar tanaman monokotil.
  3. Sistem perakaran adventif, merupakan akar yang tumbuh dari setiap bagian tumbuh tanaman dan bukan akar primer. Misalnya akar yang keluar dari umbi batang, akar yang keluar dari batang (cengkokan)

C. Fungsi akar
Fungsi akar, yaitu:
  1. Menyerap air dan hara tanah.
  2. Memperkokoh berdirinya batang.
  3. Menyimpan cadangan makanan.
  4. Alat perkembangan vegetatif.
  5. Tempat melekatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau substrat tempatnya.


Demikian artike tentang  Fungsi, Sistem, dan Struktur Akar, semoga bermanfaat.

0 Response to "Struktur, Sistem dan Fungsi Akar"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar