Komunitas Seni Daeng Bagank

"Salam Budaya"

Komunitas seni Daeng Bagangk adalah salah satu pemerhati seni dan budaya baik seni musik tradisi, moderen, tari, maupun sastra, kami disatukan oleh rasa persaudaraan hobby serta kebutuhan sosial atau interaksi yang sudah menjadi kebutuhan manusia. banyak hal yang membuat penulis betah hidup  pada komunitas ini diantaranya persaudaraan antar anggota yang sangat erat bagaikan saudara yang terlihat dari kehidupan kami sehari. makan bersama tidur bersama, saling bercanda serta taklupa saling menasehati satu sama lain, komunitas ini tidak tau kapan waktu atau pun tanggal berdirinya, karena adanya komunitas ini, tidak disengaja keterbentukannya awalnya teman-teman hanya ngumpul-ngumpul biasa di sebuah tempat sederhana yaitu bagang berawal dari situlah komunitas ini atau nama ini besar sedikit-demi sedikit dan alhamdulillah sekarang sudah banyak dikenal serta banyak memiliki saudara satu hobi.

komunitas kami bertempat Kecamatan Bontonompo tepatnya dekat perbatasan bontonompo-bajeng. dikomunitas kami mempunyai penghasilan dari hasil uang job, yaitu job acara perkawinan/sunatan, iringan tarian dll. penghasilan job itu tidak menentu karna kami jarang memasang harga dari job tersebut karna terkadang kami hanya menyampaikan seikhlasnya dari tuan rumah seberapa kemampuan finansialnya. di komunitas kami beranggotakan kira-kira 20-30 orang. karna kami tidak mempunyai data base tentang anggota atau warga kami.dan dikomunitas kami tidak mempunyai ketua tetapi di komunitas ini memegang teguh tali persaudaraan di bawah panji-panji kemanusiaan dan ada beberapa orang yang dituakan diantaranya Bapak Erang, Fandi Dg Mangngawing, Irsan Dg Naba (Maleo). Merekalah yang mengarahkan kami di setiap harinya dan mengajarkan melihat indahnya kehidupan dengan kesenian. Tak bisa dipungkiri  seni adalah elemen penting dalam peradaban kehidupan manusia dari manusia pertama sampai manusia terakhir bahkan sampai diakhirat sekalipumm seni akan tetap ada. Proses penciptaan alam semesta dan seisinya pun diartiakn sebagai seni  yang Agung tentunya dari hasil karya Seniman diatas seniaman.

Alhamdulillah akhir-akhir ini telah banyak komunitas seni yang berdiri khususnya di kabupaten Gowa sulaweisi selatan, dimana satu tujuan yaitu  untuk melestarikan kesenian daerah khusunya sulawesi selatan dan indonesia pada umumnya, seiring dengan masuknya seni modern ataupunn seni dari negara lain yang mengikis kesenian lokal kita, itulah yang menggerakkan hati para seniman-seniman daerah serta pemuda-pemuda anak bangsa yang mencintai kesenian lokal dalam membangun komunitas atau suatu kelompok yang konsentrasi terhadap seni, seperti komunitas daeng bagank ini, Harapn penulis semoga hadirnya kelompok-kelompok seni seperti ini mampu menjaga melestarikan serta mengembangkan kesenian lokal yang ada di negara indonesia,

Mungkin ini saja yang bisa saya ceritakan melalui tulisan ini, semoga bermanfaat bagi yang  membacanya amin, "Salam Budaya"


                                                                                                                   Penulis
                                                                                                 
                                                                                                             Ismail Dg Thona

kami hanyalah pemain amatir yang Setiap harinya ditemani dengan merdunya suara gendang,pui-pui,kecapi,suling,gitar. didampingi dengan lekukan indah sang penari. tiba saatnya disuatu hari yang cerah saudara kami mengajarkan tentang professional. profesional yang kami maksuda adalah profesional dalam mengatur finansial komunitas tanpa melihat kondisi di sekitar.

0 Response to "Komunitas Seni Daeng Bagank"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar