Pengertian Kemampuan || Pagar Pengetahuan

       Manusia diciptakan dengan dibekali berbagai kelebihan dibandingkan dengan makhluk lainnya, diantara kelebihan itu yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah Akal yang mampu menghasilkan kemampuan luar biasa yang tidak dimiliki makhluk lainnya. berbicara mengenai kemampuan, apasih yang dimaksud kemampuan, nah pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai kemampuan, semoga bermanfaat.
        Grenberg dan baron (2003) mendefinisikan kemampuan/abilities sebagai kapasitas mental dan fisik untuk melakukan berbagai tugas. Kemampuan yang relevan dengan setting perilaku ditempat kerja, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kemampuan intelektual/intellectual abilities dan kemampuan fisik/physical abilities. 
        Kemampuan intelektual adalah kemampuann yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas mental; berfikir, menalar, dan memecahkan suatu masalah,. Untuk menguji kemampuan intelektual umum seseorang antara lain dapat menggunnakan tes IQ/Intelegence quotient. Ada tujuh dimensi yang membentuk kemampuan intelektual seseorang, yaitu kecerdasan angka, Pemahaman verbal, kecepatan persepsi, penalaran induktif, penalaran deduktif, visualisasi spasial, dan daya ingat (Robbins dan Judge, 2007):
  1. Kecerdasan angka. Kemampuan seseorang untuk melakukan aritmetika dengan cepat dan akurat.
  2. Kecerdasan Verbal. Kemampuan seseorang untuk memahami apa yang dibaca atau didengar serta hubungan diantara kata-kata.
  3. Kecerdasan persepsi. Kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi kemiripan dan perbedaan fisual dengan cepat dan akurat.
  4. Penalaran induktif. Kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi urutan logis dalam suatu masalah kemudian memecahkan masalah tersebut.
  5. Penalaran deduktif. Kemampuan seseorang untuk menggunakan logika dan menilai implikasi dan suatu argumentasi.
  6. Visualisasi spasial. Kemampuan seseorang untuk membayangkan bagaimana suatu objek akan terlihat jika posisinnya dalam ruang diubah.
  7. Daya ingat. Kemampua   seseorang menyimpan dan mengingat pengalaman masa lalunya.
        Kemampuan fisik merupakan kemampuan untuk melakukan tugas yang membutuhkan stamina, keterampilan, kekuatan dan karakteristik serupa. Penelitian terhadap sejumlah persyaratan yang dibutuhkan oleh berbagai pekerjaan berhasil mengidentifikasi sembilan kemampuan fisik dasar yang berbeda-beda. Sembilan kemampuan fisik dasar tersebut dapat digolongkan menjadi tiga yaitu faktor kekuatan, faktor fleksibilitas, dan faktor lainnya (Robbins dan Judge, 2007). 
  1. Faktor Kekuatan: Kekuatan dinamis, kekuatan tubuh, kekuatan statis dan kekuatan eksplosif.
  2. Faktor Fleksibilitas: Fleksibilitas luas dan fleksibilitas dinamis.
  3. Faktor lainnya: Koordinasi tubuh, keseimbangan, dan stamina
Faktor kekuatan terdiri dari kekuatan dinamis, kekuatan tubuh, kekuatan statis, dan kekuatana eksplosif. faktor fleksibilitas terdiri dari fleksibilitas luas dan fleksibilitas dinamis, sedangkan faktor lainnya meliputi koordinasi tubuh, keseimbangan dan stamina.
  1. Kekuatan dinamis, kemampuan seseorang untuk menggunakan otot secara berulang-ulang dan terus-menerus.
  2. Kekuatan tubuh, kemampuan seseorang untuk memanfaatkan kekuatan otot menggunakan otot tubuh, khususnya otot perut.
  3. Kekuatan statis, kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan terhadap objek eksternal.
  4. Kekuatan eksplosif, kemampuan seseorang mengeluarkan energi maksimal dalam satu atau serangkaian tindakan eksplosif.
  5. Fleksibilitas luas, kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuh dan otot punggung sejauh mungkin.
  6. Fleksibilitas dinamis, kemampuan seseorang untuk membuat gerakan-gerakan lentur yang cepat dan berulang-ulang.
  7. Koordinasi tubuh, kemampuan seseorang mengkoordinasikan tindakan secara bersamaan dari bagian-bagian tubuh yang berbeda.
  8. Keseimbangan, kemampuan seseorang untuk mempertahankan keseimbganan meskipun ada gaya yang mengganggu keseimbangan.
  9. Stamina, kemampuan seseorang untuk mengerahkan upaya maksimal yang membutuhkan usaha berkelanjuta.

1 Response to "Pengertian Kemampuan || Pagar Pengetahuan"


  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar