Pengertian Sosialisasi,Tujuan, dan jenis-jenisnya

A. Pengertian Sosialisasi

Secara sederhana sosialisasi dapat diartikan sebagai sebuah prosese seumur  hidup yang berkenaan dengan bagaimana individu mempelajari cara-cara hidup serta norma dan nilai sosail yang terdapat dalam kelompoknya agar dapat berkembang menjadi pribadi yang dapat diterima oleh kelompoknya. adapun definisi sosialisasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-incividu belajar dan menyesuaikan diri bagaimana cara hidup kelompoknya agar dia dapat berperan  dan berfungsi dalam kelompoknya
Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses ketika seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
Bruce J. Cohen
Sosialisasi adalah prose-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok

B.Tujuan Sosialisasi

Sosialisasi sebagai proses sosial mempunyai tujuan untuk:
  •  Memberi keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melangsungkan kehidupan seorang kelak ditengah-tengah mesyarakat tempat dia menjadi salah satu anggotanya.
  • Menambah kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampuannya untuk membaca, menulis, dan bercerita.
  • Membantu fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
  • Membiasakan individu dengan nilai-nilai  dan kepercayaan pokok yang ada dalam masyarakat.
C. Jenis Sosialisasi

a. Sosialisasi Primer
    Peter L. Berger dan Luckmann mendefinisikan sosialisasi primer sebagai sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga). Sosialisasi primer berlangsungsejak anak berusia 1-5 tahun atau saat anak blum masuk sekolah. Anak mulai mengenal anggota keluarga dan lingkungan keluarga. Secara bertahap dia mulai mampu membedakan dirinya dengan orang lain disekitar keluarganya. 
Dalam tahap tersebut peran orang-orang terdekat dengan anak menjadi sangat penting sebab seorang anak melakukan pola interaksi secara terbatas didalamnya. Warna kepribadian anak sangat ditentukan oleh warna kepribadian dan interaksi yang terjadi antara anak dengan anggota keluarganya. Di usia dini otak anak berkembang sangat pesat dan menyerap segala hal (dari kegiatan fisik sampai keterampilan emosional) dengan sangat cepat pula.
Dengan demikian, sosialisasi primer mengacu bukan saja pada masa awal anak mulai menjalani sosialisasi, tetapi lebih dari itu. Alasannya, apapun yang diserap anak dimasa terebut akan menjadi ciri mendasar kepribadian anak setelah dewasa.

b. Sosialisasi Sekunder
    Sosialisasi sekunder adalah suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu kedalam kelompok tertentu dalam masyarakat. Bentuknya dapat berupa resosialisasi dan desosialisasi. Dalam proses resosialisasi, seorang diberi satu identitas diri yang baru. Sedangkan  dalam proses desosialisasi, seseorang mengalami pencabutan identitas diri yang lama.

c. Sosialisasi represi
Sosialisasi dengan cara represi ini menekankan pada penggunaan hukum terhadap kesalahan yang dilakukan oleh individu. Ciri-ciri lain dari sosialisasi ini adalah penekanan pada penggunaan materi dalam hukum  dan imbalan; kepatutan anak terhadap orang tua; komunikasi yang bersifat satu arah, norverbal, dan berisi perintah; titik berat sosialisasi pada keinginan orang tua; dan peranan keluarga sebagai significant other.

d. Sosialisasi partisipasi
Sosialisasi dengan cara partisipasi merupakan suatu pola ketika anak diberikan imbalan (reward) jika berperilaku baik dan hukuman jika berperilaku sebaliknya. Hukuman dan imbalan ini lebih bersifat simbolis. Penekanan diletakkan pada interaksi, komunikasi bersifat lisan, dan anak menjadi pusat sosialisasi.  Kebutuhan anak dianggap penting, dan keluatga menjadi generalized other.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian Sosialisasi,Tujuan, dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan atas perhatian teman-teman kami ucapkan banyak terima kasih.

0 Response to "Pengertian Sosialisasi,Tujuan, dan jenis-jenisnya"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar