Keutungan Hidup Dibawah Naungan Al-Qur'an secara Umum

Paling tidak ada 3 keuntungan hidup dibawah naungan Al-Qur'an diantaranya sebagai berikut.
1. Terbimbing
    Al-Qur-an berfungsi sebagai petunjuk, karenanya bila manusia hidup dibawah naungan Al-Qur'an, maka ia akan terbimbing dan terhindar dari kesesatan. Allah swt. berfirman,
"bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi mansuia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (al-Baqarah:185)

2. Mampu mengatasi permasalahan
    Hidup ini adalah masalah, mau hidup berarti siap berhadapan dengan berbagai masalah, yang perlu kita pikirkan bukan bagaimana cara saya agar tidak kena masalah tetapi, apa yang perlu dilakukan dalam mengatasi setiap permasalahn yang telah atau akan dihadapi. Al-Qur'an diturunkan sebagai solusi bagi kehidupan manusia, bahkan Allah sendiri yang berjanji sebagai mana firmannya
"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya dan dia memberinya dari arah yang tidak disangka-sangkanya..(ath-Thalaaq:4)
"dam barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya dia menjadikan kemudahan beginya dalam urusannya."(ath-Thalaaq:4)
      Al-qur'an mampu menjadikan manusia menjadi bertaqwa selama manusia tersebut menginginkannya. dan dari ketakwaan akan membuatnya mampu mengatasi persoalan, seperti yang telah dijelaskan pada ayat diatas.

3. Terjaga Kebersihan
     Manusia lahir dalam keadaan suci, hidup dibawah naungan Al-Qur-an akan menjaga kesuciannya itu yang membuat kehidupannya membawa keberkahan. Allah berfirman.
"Dan sekiranya penduduk negri beriman dan bertaqwa, pasti akan melimpahkan kepada mereka berkah darimlangit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat kami), maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

# Semoga Bermanfaat

0 Response to "Keutungan Hidup Dibawah Naungan Al-Qur'an secara Umum"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar