Kelebihan Manusia dari Penghuni Bumi Lainnya

Manusia sebagai salah satu penghuni bumi mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan makhluk penghuni alam semesta lainnya. Seperti diketahui bahwa benda mati (anorganik) relatif tidak memiliki perilaku dan tunduk pada hukum alam, seperti halnya benda cair akan menguap bila temperatur meningkat, Mengalir ketempat yang lebih tendah. Sefangkan makhluk hidup (organis) mempunyai perilaku bervariasi mulai dari sederhana seperti tumbuhan, sampai makhluk yang berperilaku kompleks seperti binatang dan yang berperilaku sangat kopleks seperti manusia.
Namun secara filosofis semua makhluk hidup memiliki prinsip yang sama secara umum yaitu daya gerak, naluri mempertahankan diri dan kemampuan berkembang biak.
Dalam persfektif atau istilah lsin juga dapat dijadikan rujukan, mengenai sudut pandang tentang kelebihan manusia jika dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain, yaitu:
  1. Manusia sebagai mekhluk berfikir yang bijaksana (homo sapiens) yang dicerminkan dalam tindakan dan prilaku terhadap lingkungannya.
  2. Manusia sebagai pembuat alat karena sadar akan keterbatasan inderanya sehingga perlu bantuan peralatan untuk keperluan hidupnya (homo faber), baik fisik maupun nalarnya.
  3. Manusia berbicara (homo lengues) baik secara lisan maupun tulisan sehingga dapat dikomunikasikan  pada generasi berikutnya tentang apa yang diinginkan, apa yang ditemukan dan lain-lain.
  4. Manusia dapa bermasyarakat (homo sosious)  dan dapat pula berbudaya (homo humanis), artinya manusia bermasyarakat dengan tata tertib dan aturan yang diciptakan untuk kepentingan bersama dan saling menolong
  5. Manusia dapat mengadakan usaha (homo aconomicus) artinya mengadakan tukar menukar barang (barter) maupun jual beli dengan prinsip ekonomi dan sekaligus kebutuhan materinta terpenuhi.
  6. Manusia berkepercayaan dan beragama (homo religious) karena menyadari adanya kekuatan gaib yang besar dan mengatur jagad raya ini.

0 Response to "Kelebihan Manusia dari Penghuni Bumi Lainnya"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar