Pengertian Pantai dan Pesisir

     Pantai dan pesisir merupakan dua istilah yang berbeda walaupun keduanya saling berkaitan. Pesisir adalah dari permukaan bumi yang terletak di antara daerah pasang naik dan pasang surut. Pada waktu pasang naik, pesisir tertutup oleh air dan pada waktu surut tampak berupa daratan. Oleh karena itu, pesisir sama panjang dengan pantai.
    Lebar pesisir tidak sama untuk semua pantai, tergantung pada jenis pantainya. Pantai yang curam, lebar pesisirnya sangat sempit, karena ketika pasang naik, air lau tertahan oleh dinding pantai sehingga tidak dapat masuk mengalir jauh kearah daratan.
    Batas antara daratan dengan lat disebut pantai. Batas ini terdapat di dalam laut dengan kedalaman 200 m atau menurut garis isobath 200 m. Jadi, laut yang dalamnya kurang dari 200 m masih termasuk daratan sebab sifat-sifatnya sama dengan daratan yang di sebut shelf.
     Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu pantai landai, curam, bertebing, dan karang.

1. Pantai Landai
    Pantai landai, yaitu pantai yang permukaannya relatif datar. Termasuk pantai  jenis ini adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta, dan panntai estuaria.

2. Pantai Curam
    Pantai curam biasanya bergunung-gunung. Karena pukulan ombak yang besar, terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam. Contohnya, pantai di selatan pulau jawa dan barat pulau sumatera.

3. Pantai Bertebing (Flaise)
    Pantai bertebing adalah pantai yang curam di muka tebing di pantai ini sering dijumpai  laut dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi dan erosi marine.

4. Pantai Karang
     Pantai karang terjadi jika di sepanjang pantai terdapat batu-batu karang atau pulau-pulau karang, misalnya pantai di pulau sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

    Letak pantai tidak selamanya tetap. Jika kita perhatikan keadaan daraan terhadap laut maka kita dapat mengenali pantai naik atau turun. Pantai naik atau regresi di sebut juga permukaan laut negatif. Tanda-tanda regresi kelihatan pada daratan pantai yang bertambah luas yang disebabkan daratan yang naik atau permukaan laut yang turun. Pantai turun atau ingresi disebut juga permukaan laut positif. Tanda-tanda ingresi kelihatan pada permukaan laut yang naik atau laut transgresi.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian Pantai dan Pesisir, semoga bermanfaat, atas perhatian teman-teman kami ucapkan terima kasih.
Referensi:
  •  A.M. Sardiman, Mulyani Endang dan Suryo Dyah Respati. 2006. Khasanah Ilmu Pengetahuan Sosial. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

0 Response to "Pengertian Pantai dan Pesisir"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar