Sejarah Kerajaan Kutai

     Hay teman-teman, kali ini kami akan membahas mengenai Sejarah kerajaan kutai. Dimana hal yang akan dibahas yaitu, Letak kerajaan kutai, sumber sejarah kutai serta pemerintahan dan kehidupan sosial ekonomi kerajaan kutai. Untuk lebih jelasnya akan dikupas tuntas pada pembahasan dibawah ini.
      Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di indonesia yang muncul sekitar tahun 400 M.
1. Letak Kerajaan Kutai
    Kerajaan kutai terletak di daerah Muara Kaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sungai Mahakam dapat dilayari dari pantai sampai masuk ke daerah Muara Kaman sehingga letak Kutai menjadi sangat strategis.

2. Sumber Sejarah Kutai
Prasasti Yupa Peniggalan Kerajaan Yupa
   yupa. yupa adalah tugu batu yang tertulis sebagai prasasti. Yupa juga berfungsi sebagai tugu peringatan upacara korban. Di Kutai di temukan tujuh buah yupa.  Sumber sejarah utama tentang Kutai adalah prasasti yang disebut
    Prasasti yang berbentuk yupa ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta. Dengan melihat hurufnya, para ahli berpendapat bahwa yupa dibuat sekitar abad ke-5 Masehi.


3. Pemerintahan dan Kehidupan Sosial Ekonomi
    Menurut keterangan, semua yang dikeluarkan atas perintah Raja Mulawarman. Salah satu dari yupa itu ada yang memuat silsilah Raja Mulawarman. Diterangkan bahwa Kunduga mempunyai putra bernama Aswawarman. Raja Aswawarman dikatakan seperti Dew Ansuman (dewa matahari). Aswawarman disebut Wamsakerta (pembentuk keluarga). Ia mempunyai tiga orang anak dan yang terkenal adalah Mulawarman.
   Raja Mulawarman dikatakan sebagai raja terbesar di Kutai. Ia pemeluk agama Hindu-Syiwa yang taat. Hal itu dibuktikan dengan telah dibangunnya tempat suci agam Hindu yang dinamakan Waprakeswara. Ia juga dikenal sebagai raja yang sangat dekat dengan kaum brahmana dan rakyat. Raja Mulawarman pernah mengadakan kurban emas dan 1.000 ekor lembu untuk para brahmana. Oleh karena itu sebagai rasa terima kasih dan peringatan upacara kurban, para brahmana mendirikan sebuah yupa.
   Dilihat dari segi sosial, masyarakat Kutai mulai mengenal kasta-kasta yang sebelum mendapat pengaruh india tidak pernah dikenalnya. Kudungga dan keluarganya temasuk kasta kesatria. Keluarga Kudungga pernah melakukan Vratyastoma, yaitu upacara penyucian diri untuk masuk pada kasta kesatria sesuai kedudukannya sebagai keluarga raja dalam agama Hindu.
   Kehidupan ekonomi mengalami perkembangan. Kerajaan Kutai yang terletak ditepi sungai, mendorong masyarakat melakukan kegiatan pertanian. Selain itu, mereka banyak yang melakukan perdagangan.


Demikian penjelasan mengenai Sejarah Singkat Kerajaan Kutai, semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatian teman-teman kami ucapkan terima kasih.

0 Response to "Sejarah Kerajaan Kutai "

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar