Perkembagan tekhnologi memudahkan seseorang dalam menjalankan kegiatan bisnis, semakin banyaknya inovasi dalam proses produksi maupun pemasaran memberikan peluang yang besar untuk orang-orang yang memiki jiwa pebisnis pengusaha atau yang biasa saya sebut petarung hehe bukan tanpa alasan tetapi dunia bisnis benar-benar pertarungan, siapa yang kuat maka dia yang menang dalam konteks ini sukses.
Namun sebelum kita membuka usaha tentunya perlu kita ketahui tentang apa-apa saja yang dapat dipasarkan yang dapat menghasilkan uang, tentunya setiap jenis produk memiliki kelebihan masing-masing. Silahkan memilih apa yang ingin anda pasarkan, kemudian planinggkan, dan implementasikan.
Ada 10 Macam produk yang dapat dipasarkan
1. Barang (HP, Laptop, TV, Mobil dan sebagainya)
2. Jasa (Hotel, pos, penerbagan, ojek, perbankan, pelatihan dan sebagainya)
3. Pengalaman, Walt Disney Word, Magic Kingdom, memungkinkan orang melihat/mengunjungi
kerajaan dongeng(fairiy kingdom), kapal bajak laut, rumah hantu (haunted house).
4. Kejadian event (Pameran-pameran PON (Pekan Olahraga Nasional) ASEAN GAMES, SEA GAMES, dan kejadian-kejadian lainnya.
5. Orang (person). Pemasaran selebriti, merupakan kegiatan bisnis yang besar. Penyanyi tersohor, foto model, pemain sinetron, presenter terkenal, pengacara terkenal, motivator, mempunyai manajer. orang-orang ini bisa dijual, manajer perlu mengatur waktu karena padatnya acara.
6. Tempat (place). Pulau seperti pulau bali, danau seperti danau toba, gunugn seperti bawa karaeng, air terjun Bantimurung, Lembah ramma dan tempa-tempat indah lainnya yang bisa dijadikan objek wisata maupun
7. Properti (Property) Properties merupakan hak kepemilikan yang tak terlihat baik “ real property’ seperti “real estate” atau “finascial property” seperti “stocks and bonds” Proties dapat diperjual belikan dan ini memerlukan pemasaran. Agen “ real estate” bekerja untuk pemilik property penjual atau pembeli “Residential or commercial real estate” Perusahaan investasi atau bank ikut terlibat dalam memasarkan “securities” baik kepada industry maupun individual.
8. Organisasi (Organizational). Organisasi berusaha untuk membangun citra yang kuat dan unik dibenak “target publics) mereka. Seperti kantor pos beriklan : “kita ada karena anda”. Pemadam kebakaran bersemboyang “Pantang pulang sebelum padam” PN pengadilan: memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah. Begitupun organisasi-organisasi lainnnya.
9. Informasi (informations). Informasi dapat diproduksi dan dijual seperti produk. Universitas dan bebagai sekolah menjual informasi kepada orang tua mahasiswa/murid, mungkin berupa brosur. Enchyclopedia dan kebanyakan buku non fiksi menjual informasi.
10. Ide (ideas). Setiap hari “marketing Offering” mencakup suatu ide dasar. Misalnya Charles Revson dan Relvon mengatakan “ in the factory we mace cosmetic; in the store we sell hope”/ Seorang wanita membeli lipstik buatan Revlon mempunyai harapan agar setelah memakai lipstick menjadi cantik. Sebetulnya produk/barang dan jasa bisa menjadi media/ perantara untuk menyampaikan idea tau manfaat.
Demikianlah artikel mengenai Jenis produk yang dapat dipasarkan. Semoga bermanfaat. Amin
0 Response to "Apa Saja Produk Yang Dapat Dipasarkan ?"
Post a Comment
Terima kasih anda telah meninggalkan komentar