Tipe-tipe Hujan

Hujan adalah tetesan air di udarah yang jatuh kepermukaan bumi proses terjadinya hujan selalu diawali dengan terbentuknya awan, yaitu penguapan air menjadi butir-butir air atau es karena proses kondensasi dan pengembunan. Tidak semua awan mendatangkan hujan meskipun mengandung cukup air. Penyebab jatuhnya hujan karena gaya berat awan yang sudah jenuh oleh butiran air. Berdasarkan proses terjadinya, jenis hujan dibedakan menjadi hujan zinithal, hujan siklon, dan hujan orografis.

1. Hujan Zenithal (Hujan tropika)
    Hujan zenithal terjadi di daerah tropis disebut juga hujan baik ekuatorial. Hujan ini terjadi pada waktu sore hari setelah terjadinya pemanasan maksimal (pukul 14.00-15.00). Hujan ini terjadi pada daerah tropis di anara 10o LU-10oLS bersamaan waktumya dengan kedudukan matahari pada titik zenith.

2. Hujan Siklon
 
Gambar Hujan siklon atau frontal
 Hujan siklon terjadi didaerah sedang. Angin di daerah sedang selalu disertai hujan karena di daerah ini udara naik ke aas dan menjadi dingin sehingga udara mengembang, mendingin, dan berkondensasi membentuk hujan ringan yang disebut hujan frontal atau siklon.




3. Hujan Orografis

Gambar hujan Orografis
   Hujan orografis atau hujan pegunungan terjadi didaerah pegunungan. Udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, Akibat adanya penurunan suhu, udara tersebut terkondensasi dan turunlah hujan pada lereng yang berhadapan  dengan arah datangnya angin. Udara ini terus bergerak keatas dan akhirnya turun kesisi lereng dibelakangnya, tetapi tidak lagi mengandung uap air. Sisi lereng yang dilalui uadara kering disebut daerah bayangan hujan.
    Hujan orografis terjadi ketika terjadi didaerah pantai, Udara yang mengandung kelembapan diangkat naik. Menaiki suatu lereng pegunungan, udara menjadi dingin dan berkondensasi, serta membentuk hujan deras pada lereng dimana angin mengarah. Hujan ini disebut hujan orografis atau hujan rilief. Sementara itu, lereng yang tidak terkena hujan tetap kering.


 
Demikian penjelasan mengenai Tipe-tipe Hujan semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatian teman-teman kami ucapkan banyak terimakasih.

0 Response to "Tipe-tipe Hujan"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar