Unsur Pelengkap Dalam Pengelolaan Suatu Perusahaan

Unsur Pelengkap dalam Pengelolaan Suatu Perusahaan 

        Setelah Membahas Mengenai faktor-faktor Pendorong perkembangan Usaha Pada artikel ini akan dibahas mengenai Unsur Pelengkap dalam Pengelolaan suatu perusahaan, Yang diartikan dengan unsur pelengkap adalah aspek-aspek kegiatan perusahaan yang tidak secara langsung mempengaruhi efisiensi kegiatan perusahaan yang utama, yaitu menghasikan dan memasarkan barang. Unsur pelengkap ini, apa bila dijalankan atau diperhatikan dengan sungguh-sungguh, akan melancarkan seluruh aspek dari kegiatan perusahaan. Kelancaran usaha ini selanjutnya akan membantu meningkatkan efisiensi dan keefektifan kegiatan usaha. Yang digolongkan sebagai unsure pelengkap dalam penggolongan perusahaan meliputi pula norma-norma etika dan tanggung jawab sosial yang perlu diperhatikan dalam mengelola kegiatan perusahaan. Berikut ini beberapa unsur pelengkap dalam pengelolaan perusahaan yang Perlu juga kita perhatikan
  1. Akuntansi dan catatan keuangan perusahaan. Setiap perusahaan akan melakukan berbagai transaksi yang menimbulkan aliran uang yang masuk dan keluar perusahaan. Mencatat aliran uang yang berlaku dalam perusahaan dinamakan tata buku atau akuntansi. Pencatatan ini bukan saja penting untuk mengetahui aliran kaungan yang berlaku dalam perusahaan tetapi juga dapat menentukan biaya kegiatan perusahaan, hasil penjualan yang diperoleh dan keuntungan yang dinikmati. Di samping itu catatan keuangan tersebut akan berguna untuk melakukan analisis mengenai kedudukan keuangan dan kekukuhan perusahaa. Aspek keuangan dari kegiatan perusahaan.
  2. Komputerisasi sistem informasi. Banyak hal yang perlu di catat dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Salah satu aspeknya adalah catatan ke atas aliran  uang yang berlaku, yang dicatat melalui sistem akuntansi. Contoh lain dari informasi yang perlu di catat antara lain adalah mengenai biodata pekerja, informasi mengenai langganan, catatan mengenai stok bahan mentah, harta perusahaan dan jumlah produksi, dan penjualan. Sistem computer telah membantu meningkatkan efesiensi dan keefetifan penyimpanan data dan informasi dalam perusahaan.
  3. Pendanaan kegiatan perusahaan dan institusi keuangan. Kegiatan perusahaan memerlukan dana. Mendirikan perusahaan memerlukan dana. Seterusnya dana yang cukup diperlukan untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari. Untuk  melakukan ekspansi kegiatan usaha yang memerlukan dana. Tidak semua dana ini dapat dikumpulkan oleh semua pemiliki perusahaan. 
  4. Etika dan tanggung jawab sosial perusahaan. Perusahaan merupakan bagian dari masyarakat dalam suatu Negara dan masyarakat yang meloputi seluruh dunia. Dalam kegiatannya mencari pendapatan dan keuntungan dengan cara menghasilkan barang yang di butuhkan masyarakat, perlu diperhatikan bagaimana usaha tersebut akan mempengaruhi kehidupan masyarakat di Negara sendiri dan di seluruh dunia.
Baca Juga: 


Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Unsur Pelengkap Dalam Pengelolaan Suatu Perusahaan"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar