Konsep-Konsep Dasar Penelitian

       Agar di peroleh hasil penelitian yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian, makan terlebih dahulu harus paham tentang konsep-konsep dasar penelitian yaitu:

A. Konsep

    Konsep adalah suatu istilah, terdiri dari satu kata atau lebih yang menggambarkan suatu generalisasi terhadap gejala yang berlaku umum atau abstraksi mengenai suatu fenomena yang dirumuskan atas dasar generalisasi dari sejumlah karakteristik kejadian, keadaan, kelompok, atau individu tertentu. jenis konsep terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Konkret, Contoh: Rumah, kursi, manusia, kambing dan sebagainya
  2. Abstrak, Contoh: Masyarakat, kontrasepsi, partisipasi, terpaan, dan sebagainya.
    Fungsi dari suatu konsep adalah unutk menyederhanakan pemikiran terhadap ide, benda atau gejala sosial.

B. Konstruk

     Pengertian konsep dan konstruk adalah sama yang membedakannya adalah konstruk dikhususkan pada sesuatu yang bisa diukur (ditimbang, dihitung, dan sebagainya). Mengubah suatu konsep yang abstrak/konkret menjadi konstruk disebut operasionalisasi konsep, sedangkan definisi operasional konsep itu sendii adalah batasan/pengertian suatu konsep yang mengandung kejelasan dan ketegasan mengenai deskriptor (aspek-aspek yang terkandung atau tercakup) dan indikator (tanda-tanda keberagaman atau variabilitas) konsep yang akan diteliti itu, bisa diukur dan dihitung.
Contoh:
  1. Lapar sebagai konstruk adalah mencerminkan rasa sakit setelah tidak makan dalam waktu yang cukup lama.
  2. Popularitas sebagai konstruk adalah mencerminkan jumlah pilihan sosiometri yang diterima seorang dari individu yang lain dari kelompoknya.
  3. Kelas sebagai konstruk adalah mencerminkan tempat orang melakukan aktivitas proses pembelajaran.
C. Variabel

     Pengertian Variabel adalah konstruk yang sifat-sifatnya telah diberi angka (kuantitatif) Atau juga dapat diartikan Variabel adalah konsep yang bermacam-macam nilai, berupa kuantitatif maupun kualitatif yang dapat berubah-ubah nilainya
 
D. Hipotesis

     Hipotesis adalah pernyataan tentang suatu konsep yang perlu diuji kebenarannya.

E. Pengukuran.

     Pengukuran atau instrumen penelitian adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah dan menginterpretasikan informasi yang di peroleh daripada responden yang dilakukan dengan menggunakan pola ukur yang sama. Untuk dapat dikatakan instrumen penelitian yang baik, paling tidak memenuhi lima kriteria, yaitu : Validitas, reliabilitas, sensitivitas, objektivitas, dan fisibilitas.

Demikianlah artikel mengenai konsep-konsep penelitian semoga bermanfaat.

0 Response to "Konsep-Konsep Dasar Penelitian"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar