Metodologi Penelitian dan Macam-macamnya

Setelah kemarin kita membahas tentang Pengertian Penelitan dan Jenis-jenis Penelitian, pada kesempatan ini kita kembali membahas tentang penelitian yaitu Metodologi penelitian,  saya berharap semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembacanya.

      Metode ilmiah adalah cara-cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, mpengesahan dan penjelasan kebenaran atau cara yang ilmiah untuk mencapai kebenaran ilmu guna memecahkan masalah (Almack). Penggunaan metodologi peneitian yang tepat guna menghindari pemecahan masalah yang spekulatif, dan meningkatkan objektivitas dalam menggali ilmu.

Ada empat macam metode penelitian.

1. Metode FIlosofis

      Penelitian metode ini adalah suatu penelitian dengan dilakukan melalui perenungan dan pemikiran yang mendalam, terarah dan mendasar. Data-data yang digunakan pada penelitian ini adalah  data-data kualitatif sehingga pemecahan masalahnya bersifat apriori

2. Metode Deskriptif 

      Prosedur pemecahan masalah pada metode ini adalah dengan cara menggambarkan objek penelitian pada saat keadaan sekarang berdasarkann fakta-fakta sebagaimana adanya, kemudian dianalisis dan diinterpretasikan, bentuknya berupa survei dan studi pengembangan.

3. Metode Historis

     Penelitian dengan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalahnya menggunakan data-data masa lalu. Hasilnya untuk menganalisis kejadian sekarang atau dapat juga digunakan untuk memprediksi kejadian dimasa akan datang.

4 Metode Eksperimen

      Penelitian dengan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalahnya adalah dengan cara mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih melalui percobaan yang cermat. 
Bentuk Penelitiannya ada dua yaitu :
  • Eksperimen eksploratif yang bertujuan untuk mempertajam masalah dan hipotesis.
  • Eksperimen perkembangan yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis guna membuat generalisasi umum.
Demikiannlah artikel mengenai Metodologi Penelitian dan Macam-macamnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

0 Response to "Metodologi Penelitian dan Macam-macamnya"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar