Seperti Apa Sejarah Perkembangan Hotel Di DUNIA dan INDONESIA ?

A. Sejarah Perkembangan Hotel Di Eropa dan Amerika

Usaha hotel mungkin dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan usaha komersial yang tertua di dunia, hal tersebut terbukti bahwa penginapan yang pertama yaitu penginapan yang berbentuk Inn, didirikan pada tahun 3000 B.C (sebelum Masehi). Penginapan yang berbentuk Inn, adalah rumah-rumah pribadi dengan beberapa kamar disediakan bagi para pelajar kaki untuk istirahat atau tidur, satu disediakan bagi para pelajar kaki untuk istirahat atau tidur, satu ruangan/kamar ditempati oleh beberapa tamu, dan kadang-kadang untuk tidur hanya disediakan tikar, kualitas kebersihan ruangan pada waktu itu belum diperhatikan, makanan yang disediakan untuk tamu-tamunya adalah jenis makanan yang sangat sederhana. Kemudian pada tahun 961 AD (Anno Domini, sesudah Masehi/lahirnya Nabi Isa a.s) di Swiss-Alpine sudah terdapat sebuah hotel bernama Le Grand Saint Bernard Hospice yang dibangun oleh Augustinian Monks. Pada waktu itu, hotel dibangun untuk menyediakan penginapan bagi orang-orang yang melakukan ziarah dari ke Roma. Struktur bangunan hotel tersebut menggunakan batu-batu besar sebagai tiang, dan dengan fasilitas 70 dan 80 tempat tidur yang dapat menampung sebanyak 300 orang. Sedangkan penginapan yang pertama yaitu penginapan yang berbentuk Inn, didirikan pada tahun 3000 BC. (sebelum masehi). Pneginapan yang berebntuk Inn, adalah rumah-rumah pribadi dengan beberapa kamar disediakan bagi para pejalan kaki untuk istirahat atau tidur, satu ruangan/kamar ditempati oleh beberapa tamu, dan kadang-kadang untuk tidur hanya disediakan tikar, kualitas kebersihan ruangan pada waktu itu belum diperhatikan, makanan yang disediakan untuk tamu-tamunya adalah jenis makanan yang sangat sederhana. Secara perlahan-lahan kualitas kualitas Inn yang tumbuh di daratan Eropa makin lama semakin lebih baik, tercatata bahwa pada tahun 1700-an A.D terutama di Inggris mulai dikembangkan penginapan-penginapan bentuk Inn ini dengan kualitas yang lebih baik.

Di Amerika, pada tahun 1794 untuk yang pertama kali dibangun khusus sebuah hotel dengan nama City Hotel, di kota New York. Usaha hotel di negara-negara barat terus berkembang, dan antara tahun 1800-an negara Amerika menjadi negara pengembang usaha hotel yang utama. Pada waktu itu, oleh karena harga sewa kamar dan makanan yang mahal, maka hanya kaum hartawan sajalah yang dapat menikmati menginap di hotel yang mewah bergaya Eropa.

Hotel-hotel jaman dahulu, baik di Eropa maupun di Amerika, pintu-pintu kamar tidur tanpa dilengkapi dengan kunci, tidak mempunyai ruang lobby (ruangan khusus untuk menunggu dan bersantai), dan tidak mempunyai khusus pintu masuk keruang hotel. Kemudian pada tahun 1829 hotel Tremont House di Buston Amerika, untuk yang pertama kali melengkapi hotel nya dengan ruang lobby, menyediakan kamar privat dengan pintu kamar-kamar dengan pintu kamar-kamarnya dipasang kunci pengaman, serta di setiap kamar dilengkapi dengan sistem drainase.

Pada periode awal tahun 1900-an, pelayanan hotel secara profesional mulai dikembangkan oleh Ellsworth M. Staler seorang operator hotel Amerika, membuka usaha hotel nya yang dilengkapi dengan kamar mandi privat dan kaca rias yang lebar. Kemudian pada pertengahan tahun 1900-an beberapa hotel di Amerika dimiliki oleh individu ataupun suatu perusahaan memiliki beberapa hotel, dan pada saat itulah melalui berkembang hotel-hotel yang dikelola oleh suatu mata rantai pengelola usaha hotel (hotel chains).


B. Sejarah Perkembangan Hotel Di Indonesia


Perkembangan hotel modern (dibangun dan dikelola dengan menggunakan konsep-konsep manajemen hotel modern) di Indonesia diawali dengan dibukanya Hotel Indonesia di Jakarta pada tahun 1962. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengelolaan dengan menggunakan konsep-konsep manajemen hotel modern, bahasan ini akan dijasikan dalambuku Teknik dan Prosedur Hotel.

Untuk mengetahui secara pasti kapan sebenarnya usaha hotel di Indonesia  mulai dikelola secara komersial adalah sulit, tetapi yang jelas bahwa sejak jaman penjajahan Belanda sudah dapat terdapat usaha akomodasi yang dikelola secara komersial, walaupun pada waktu itu belum dikelola secara modern, sebagai contoh : Hotel Savoy Homan, Bandung, dibangun pada tahun 1888, kemudian direnovasi pada tahun 1937 dan selesai 1939. Kemudian Hotel  Preanger dibangun pada tahun 1897 dan pada waktu itu masih menyatu dengan toko, kemudian dibangun kembali sebagai suatu hotel yang lebih terkonsep pada tahun 1928. Hotel Mij De Boer di Medan, Sumatera Utara didirikan oleh Aeint Herman De Boer orang Belanda pada tahun 1898. Pada saat itu hotel Mij De Boer merupakan hotel yang paling megah di Medan yang diperuntukkan bagi penguasa perkebunan dan para pejabat pemerintah Belanda yang datang ke Sumatera Utara. Kemudian pada tanggal 14 Desember 1957, dalam rangka nasionalisasi perusahaan-perusahaan asing, hotel Mij De Boer diambil alih pemerintah Republik Indonesia diganti namanya menjadi hotel Dharma Deli. Di yogyakarta juga terdapat sebuah hotel lama yaitu Grand Hotel Djokya berlokasi di jalan Malioboro, didirikan pada tahun 1908 dan beroperasi pada tahun 1911. Setelah mengalami beberapa renovasi, saat ini hotel tersebut berganti nama menjadi hotel Garuda. Dengan adanya Usaha-usaha renovasi bangunan hotel pada waktu itu, hal ini menunjukkan suatu keinginan untuk memperbaiki fasilitas hotel yang lebih baik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan akomodasi secara komersial di Indonesia sudah dimulai dari sejak jaman Belanda, walaupun pada waktu itu cara pengelolaannya masih menggunakan konsep pengelolaan penginapan, dan belum menggunakan konsep pengelolaan hotel seperti sekarang. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, para pengusaha nasional (termasuk pengusaha akomodasi/penginapan) pada waktu itu membentuk suatu asosiasi yang disebut dengan Organisasi Perusahaan Sejenis (OPS).


 (Sumber : Sulastiyono, Agus. 2016. "Manajemen Penyelenggaraan hotel". Bandung: Alfabeta)


Artikel Terkait :


0 Response to "Seperti Apa Sejarah Perkembangan Hotel Di DUNIA dan INDONESIA ?"

Post a Comment

Terima kasih anda telah meninggalkan komentar